Mail Merge

Mail Merge – Mail Merge ini adalah fitur didalam sebuah aplikasi pengola yang berasal dari Microsoft family. Fitur ini berguna dan memudahkan pada pengguna miscrosoft dalam membuat surat. Mau itu surat formal ataupun non formal itu bisa diuat dengan mail merge yang ada di microsoft.

Setelah terus berkembanganya teknologi, aktivitas bisnis semakin meluas ke ranah digital. Banyak perusahaan, termasuk UMKM mulai memperluas bisnis mereka dengan menawarkan jasa pembuatan undangan digital dan layanan sejenisnya.

Selain itu, perusahaan-perusahaan juga membutuhkan karyawan yang memiliki keterampilan yang handal dalam pembuatan dokumen khusus. Dokumen-dokumen tersebut sering kali harus dibuat dalam jumlah yang besar. Dengan hadirnya fitur mail merge, ini akan mempermudah pelaku bisnis atau karyawan dalam melaksanakan tugas mereka. Mail merge adalah salah satu fungsi yang tersedia didalam microsoft word yang memungkinkan pengguna untuk membuat undangan,surat, atau dokumen lainnnya yang lebih efisien dan cepat.

Komponen  Mail Merge

Seperti yang telah dijelaskan dan disampaikan sebelumnnya, terdapat dua elemen krusial yang diperlukan untuk memungkinkan penggunaan fitur mail merge . dua elemen tersebut meliputi dokumen utama dan sumber data slot berkas atau main document dan file data source. Seperti melakukan mail merge, disarankan bagi teman-teman untuk membuat kedua jenis file tersebut. Ini bertujuan agar proses pembuatan  dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Mail Merge adalah fitur penting dari microsoft word yang memiliki berbagai fungsi yang dapat digunakan oleh pengguna. Ada enam fungsi utama yang dapat dilakuakn dengan fitur  ini, yaitu membuat surat, undangan, sertifikat, katalog, inventori, dan email lainnya. Selain dari enam fungsi ini, ada juga beberapa ungsi tambahan yang dapat dinikmati oleh pengguna microsoft worf yang menggunakan fitu mail merge. Dibawah ini adalah beberapa fungsi – fungsi mail merge :

1. Memudahkan pekerjaan dalam surat meyurat
Tidak repot lagi dalam mengirim surat secara asli dan bisa mengirim surat dengan  ke seorang atau ke beberapa rekan dalam bekerjanya. Dan apabila ada revisi dalam surat tersebur bisa langsung diperbaiki tanpa harus mengirimm ulang kembali. Pengirim juga bisa menentukan siapa yang ingin dituju nama penerima dan data lainnya.

2. Segala pekerjaan yang memerlukan surat menjadi praktis
Dengan adanya  untuk menyebarkan berita ataupun infomasi atau apapun yang berada dikantor bisa jadi sangat cepat dan praktis karena dengan sekali kirim bisa kebanyak orang. Tentu saja ini menjadi praktis dan tidak membuang waktu dan bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.

3. Membuat macam-macam jenis dokumen
memiliki kemampuan untuk menghasilkan berbagai jenis dokumen dengan fitur  pada microsoft word. Selain surat, fitur ini juga dapat digunakan untuk membuat amplop, label dan dokumen lainnya. Kelebihan ini menjadikan mail merge sangat berguna bagi HRD, sekretaris dan profesi lainnya yang membutuhkan pembuatan dan pengiriman dokumen dalam jumlah besar hanya dengan satu fitur.

Fitur ini juga tersedia di Microsoft Excel yang dimana fungsi pada microsoft excel untuk bisa mengontrol dan bisa nambahkan data. Dibawah ini adalah cara menggunakan fitur  pada Ms. Excel

Syarat membuat mail merge pada Ms. Excel:

  • Siapkan sumber data
  • Siapkan sumber berkas data
  • Judul kolom harus terdiri dari satu baris
  • Tabel Ms.excel harus diberi range

Dengan informasi yang sudah disampaikan semoga bisa membantu anda dan nembah ilmu belajar anda dalam menggunakan Ms. Word dan Ms Excel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *