Broadcast

Broadcast – Broadcast adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang terkait dengan industri penyiaran. Ungkapan ini sering digunakan dalam konteks ilmu komunikasi dan teknologi.

Broadcast merupakan suatu bentuk proses menyebarkan atau menyiarkan suatu informasi atau pesan. Contohnya, dalam aplikasi chatting seperti WhatsApp, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan kepada pengguna lain secara bersamaan.

Secara sederhana, broadcast dapat diartikan sebagai tindakan menyebarkan atau menyiarkan. Namun, jika dianalisis lebih dalam, kata broadcast memiliki tiga pengertian yang berbeda dalam konteks umum, ilmu komunikasi, dan jaringan komputer.

Untuk memahami lebih lanjut, berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian broadcast.

Broadcast, menurut informasi yang terdapat di situs Ekrut.com, merupakan langkah mengirimkan sinyal dari satu pusat ke beragam tempat secara serentak. Hal ini dapat dilakukan melalui saluran seperti satelit, radio, televisi, dan sejenisnya. Dalam konteks ini, broadcast merujuk pada sebuah layanan server yang menyebarkan data kepada klien secara bersamaan.

Daftar Istilah:
1. Broadcasting – Merupakan istilah yang digunakan dalam ilmu komunikasi yang memusatkan perhatian pada bidang penyiaran.
2. Penyiaran – Merupakan kegiatan atau proses menyampaikan informasi, pesan, atau program melalui media elektronik atau gelombang radio.
3. Siaran – Merujuk pada konten atau program yang disiarkan melalui media penyiaran, seperti radio atau televisi.
4. Stasiun TV – Merupakan saluran televisi yang menyediakan program-program televisi untuk ditonton oleh penonton di rumah.
5. Stasiun radio – Merupakan saluran radio yang menyediakan program-program radio untuk didengarkan oleh pendengar.
6. Jaringan televisi – Merupakan kumpulan stasiun televisi yang terhubung dan saling bekerja sama dalam menyediakan program-program televisi.
7. Jaringan radio – Merupakan kumpulan stasiun radio yang terhubung dan saling bekerja sama dalam menyediakan program-program radio.
8. Siaran langsung – Merujuk pada proses penyiaran program secara waktu nyata tanpa ada jeda atau penundaan.
9. Penyiar – Orang yang bertanggung jawab dalam menghadirkan program atau informasi melalui media penyiaran kepada khalayak.
10. Penonton – Merupakan individu atau kelompok yang menerima dan mengonsumsi program atau konten yang disiarkan melalui media penyiaran.

Ketika sebuah perangkat dalam jaringan ingin melakukan siaran, perangkat tersebut perlu mengirimkan paket data ke alamat siaran jaringan. Prinsip ini memungkinkan perangkat seperti router atau switch untuk mengirimkan paket data ke setiap perangkat lain dalam kelompok tersebut. Kelompok perangkat yang memenuhi kriteria ini dikenal sebagai domain broadcast.

Broadcast dalam Ilmu Komunikasi merupakan suatu bidang yang berfokus pada upaya menyampaikan informasi kepada khalayak umum. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, broadcast atau penyiaran adalah proses komunikasi dari satu titik ke audiens. Dalam situasi ini, pesan yang berisi informasi akan disampaikan dari satu tempat kepada masyarakat melalui penggunaan gelombang elektromagnetik dan sistem jaringan lainnya.

JB Wahyudi, dalam Modul Dasar-dasar Penyiaran, menjelaskan bahwa broadcast mencakup seluruh tahapan produksi materi, proses produksi, persiapan konten siaran, dan pemancaran hingga mencapai penerima siaran di suatu lokasi. Definisi ini mengacu pada proses penyebaran informasi melalui media penyiaran.

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa persyaratan yang diperlukan untuk terjadinya penyiaran. Persyaratan-persyaratan tersebut mencakup:

1. Ketersediaan spektrum frekuensi radio.
2. Ketersediaan sarana pemancaran (transmisi).
3. Adanya perangkat penerima siaran (receiver).
4. Adanya siaran (program atau acara).
5. Siaran dapat diterima secara serentak/bersamaan.

Bentuk-bentuk yang disiarkan biasanya melalui program-program yang biasa disiarkan televisi :

  1. program informasi
    Program penyiaran sebuah program penyiaran yang memberikan informasi yang lebih luas lagi ruang lingkupnya
  2. program berita
    Program penyiaran sebuah program berita yang hanya akan menyiarkan seputar berita saja.
  3. progtam hiburan
    Program penyiaran sebuah program yang penyiarannya berisikan musik,drama perminan dan sebagainya.

Media alat Penyiaran yang digunakan dan memiliki fungsi sebagai media penyiaran adalah biasanya televisi dan radio, dibawah ini adalah penjelesannya :

  1. Televisi : Media yang lebih dominan digunakan oleh masyarakat pada umumnya yang dimana memiliki tampilan dan suara dan televisi ini sudah termasuk kedalam lkebutuhan dalam hitup. Berisi media informasi,berita dan hiburan.
  2. Radio : Media yang hanya mengandalkan suara dan mencari signal ini masih bisa menjadi penyiaran radio sama seperti raio yang ada pada pesawat yang berfungsi sebagai mendia penyiar informasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *